Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIAD Lakukan Pengabdian di Ponpes MHQ Tonra

BONE, ftik.uiad.ac.id – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD) melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Pondok Pesantren Madrasah Hafizh Qur’an Kecamatan Tonra Kabupaten Sinjai, Kamis (13/06/2024).

Kegiatan PkM yang di laksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa tersebut  dilakukan oleh seluruh Program Studi di lingkup FTIK yakni Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Matematika dan Tadris Bahasa Inggris.

Dokumentasi Saat Penyambutan.

adapun tema kegiatan yang dilakukan oleh Prodi PAI yaitu “PAI Mengabdi-dari Santri Untuk Dunia Akhirat” dengan fokus pendampingan 1) pendampingan kreatifitas menulis Santri melalui ngaji riset di ponpes MHQ Tonra. 2) Penguatan kapasitas softskil melalui technopreneur di ponpes MHQ Tonra. Fokus pengabdian Prodi PGMI yaitu 1) pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis tekhnologi informasi 2) pendampingan administrasi sekolah berbasis standar nasional pendidikan. Fokus pendampingan Prodi PBA 1) Belajar mufrodat yang menyenangkan dengan konsep three period lesson 2) Pengajaran muhadatzah melalui syam’iyah syafawiyah. Fokus pendampinagn Prodi TM yaitu 1) Pelatihan penggunaan jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung santri ponpes MHQ Tonra 2) Menanamkan konsep dasar operasi hitung pada bilangan bulat dengan pendekatan teori bruner pada Santri MHQ Tonra. Fokus pengabdian Prodi TBI yaitu pendampingan santri dalam peningkatan motivasi berbahasa inggris dengan menggunakan games ular tangga. Kegiatan PkM tersebut disambut baik oleh Pimpinan dan Civitas Madrasah Hafizh Qur’an dan kegiatan Pengabdia kepada Masyarakat berjalan dengan baik.

Leave a Reply