Bahas Teknologi AI Dalam Dunia Pendidikan, FTIK UIAD Gelar Seminar Nasional & Call For Paper

SINJAI, ftik.uiad.ac.id – Fakultas Tarbiyahd an Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD) kembali menggelar Seminar Nasional dan Call For Paper secara online, Selasa (09/07/2024)

Kegiatan yang akrab dengan sebutan ‘Sentikjar’ ini merupakan kegiatan tahunan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIAD. Kali ini FTIK UIAD mengangkat tema “Teknologi Artificial Intelegence Sebagai Transformasi Pendidikan”.

Dekan FTIK UIAD, Dr. Takdir, M.Pd.I. dalam sambutannya menyampaikan pentingnya menguasai teknologi dalam dunia pendidikan.

“Dalam dunia pendidikan, menguasai atau memahami teknologi bagi tenaga pendidik adalah suatu keharusan, apalagi peserta didik sekarang adalah para gen-Z. Jika kita tidak memahami teknologi maka kita tidak akan mengantar peserta didik kita ke era masa depan melainkan mengembalikan mereka ke zama kita.”

Artificial Intelegence (AI) atau kecerdasan buatan ini merupakan kecerdasan yang memungkinkan melakukan kegiatan pendidikan jauh melampaui kecerdasan manusia, sehingga tenaga pendidik tidak boleh menutup diri dari AI melainkan menjadikan AI sebagai alat dalam mentransformasi dunia pendidikan di era percepatan global, bahkan dalam kurikulum-kurikulum seharusnya sudah ada pembelajaran tentang teknologi pendidikan. Tambah Takdir.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Jamaluddin, M.Pd.I. mengapresiasi kegiatan Sentikjar oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIAD.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini saya perhatikan selalu mengangkat isu-isu terkini, sehingga ini sangat mengedukasi bagi mahasiswa ataupun para pendidik atau peserta didik dalam melihat pengembangan pendidikan mengikuti zaman percepatan ini.”

Adapun Keynote Speaker yaitu Prof. Dr. Harun Joko Prayitno (Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta). Pembicara dalam kegiatan Seminar Nasional Tersebut antara lain; 1) Prof. Dr. Mahyudin Ritonga, M.A. (Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat), 2) Dr. Syarifuddin, M.Pd. (Dosen Universitas Islam Ahmad Dahlan), 3) Dr. Saiful, M.Pd. (Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar), 4) Dr. Muhammad Sulistiono, M.Pd. (Dosen Universitas Islam Malang), 5) Juhaei, M.Pd.I. (Universitas Islam Sunan Ampel) 6) Ahmad Furham Majid, M.Pd. (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Dalam sesi persentase artikel penelitian, terdapat 11 tim.
Humas FTIK

Leave a Reply